Gunungtua, kpu-padanglawasutarakab.go.id – Komisioner KPU Kabupaten  Padang Lawas Utara didampingi Sekretaris KPU Kabupaten Padang Lawas Utara, Kasubbag dan staf melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Karimun dalam rangka persiapan tahapan pra Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara yang akan dilaksanakan secara simultan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018, Rabu (15 Juni 2016).

Herisal Lubis, anggota KPU Padang Lawas Utara Divisi Sosialisasi, Hupmas dan Datin mengatakan bahwa kunjungan kerja ini untuk meningkatkan pemahaman mengenai keseluruhan tahapan pemilukada yang telah dilaksanakan pada tahun 2015. “Kami memilih KPU Kabupaten Karimun karena pelaksanaan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karimun serentak dengan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau tahun 2015, dan juga di Kabupaten Karimun, pasangan calon peserta pemilihan terdiri dari pasangan calon perseorangan dan pasangan calon gabungan dari partai politik”.

 

Herisal menambahkan bahwa kunjungan kerja pra tahapan pilkada ke luar daerah baru pertama kali ini dilaksanakan sehingga diharapkan dengan kunjungan kerja ini jajaran KPU Kabupaten Padang Lawas Utara lebih siap menghadapi Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara serta Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018.

 

Kunjungan kerja yang dilaksanakan pada saat bulan suci ramadan ini lebih kearah “sharing pengalaman” ungkap Ahmad Sulthon, Ketua KPU Kabupaten Karimun. Kunci sukses pelaksanaan pemilukada di KPU Kabupaten Karimun “solidkan internal, apakah siap atau tidak melaksanakan pemilukada”, pesan ahmad. Karena apabila jajaran internal sudah siap, maka keseluruhan tahapan pemilukada yang menguras biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit itu akan berjalan dengan lancar.

 

Antusiasme para anggota KPU serta jajaran sekretariat KPU Karimun yang luar biasa dalam berbagi pengalaman pemilukada disambut dengan semangat dari anggota KPU Padang Lawas Utara yang secara bergantian dengan sekretaris serta kasubbag mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait tahapan pilkada.

 

Poin penting yang dari kunjungan kerja tersebut yakni, matangkan pembahasan anggaran di KPU Provinsi, cermati NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah), dikhawatirkan ada klausul penjebakan penggunaan anggaran. Penyandingan RAB Kabupaten/Kota dengan KPU Provinsi agar tidak terjadi tumpang tindih dalam proses penganggaran. (Foto KPU/TeknisSEM)