Gunungtua - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara (KPU Paluta) menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara Tahun 2018, Minggu (5/11/2017) di Aula Kantor KPU Paluta.

Ketua KPU Paluta, Rahmat Hidayat membuka secara langsung kegiatan  sosialisasi aplikasi SILON yang di dampingi  4 (empat) orang anggota KPU lain nya. Dalam sambutannya, Rahmat mengatakan Sosialisasi Aplikasi SILON merupakan tindak lanjut Bimbingan Teknis SILON di Kampus ITB, Bandung. Sebelumnya, KPU Paluta telah melaksanakan Sosialisasi Syarat Minimal Dukungan untuk Calon Perseorangan, 18 Oktober 2017 di Aula Lobubara, Desa Purba Sibomba.

 

Peserta yang hadir dalam Sosialisasi Aplikasi SILON yakni Liaison Officer (LO) atau Penghubung Partai Politik dan Perwakilan dari Calon Bupati Perseorangan.

Sementara itu, Anggota KPU Paluta Divisi Teknis, Muhammad Ali Ansor menuturkan SILON  bertujuan untuk memudahkan LO atau pun Tim Calon Perseorangan  yang akan maju pada proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 mendatang, dan wajib bagi calon untuk mengikuti prosedur silon.

“Tim Penghubung Calon Perseorangan harus memahami tata cara penginputan ke dalam format excel yang dapat di download  dari excelsilon.kpu.go.id atau melalui Menu Download Template yang ada dalam Aplikasi SILON operator Calon Perseorangan”.

Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas, Herisal Lubis menambahkan SILON merupakan seperangkat alat yang memudahkan dalam proses pencalonan dari partai politik atau gabungan partai politik dan calon perseorangan.

Herisal juga mengatakan jadwal penyerahan dukungan jalur perseorangan mulai tanggal 25 sampai tanggal 29 November 2017.

Sementara itu, Anggota KPU Divisi Perencanaan dan Data menuturkan agar masing-masing dari kita mendukung aplikasi SILON yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. “Dalam hal ini kita bukan lagi mengkritisi sistem informasi yang dibuat oleh pimpinan kita di KPU RI”, jelas Nafsir.