Gunungtua - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara (KPU Paluta) menyelenggarakan seleksi tertulis untuk calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara Tahun 2018 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padang Bolak, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Dalam sambutannya Ketua KPU Paluta, Rahmat Hidayat menjelaskan seleksi tertulis sesuai dengan yang tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2015 juncto PKPU Nomor 12 Tahun 2017. Rahmat juga berpesan, peserta seleksi tertulis agar mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan anggota PPK yang professional dan berintegritas demi terwujudnya Pemilihan yang berkualitas.

Rahmat juga menjelaskan, jumlah peserta sebanyak 233 orang dan peserta yang tidak hadir sebanyak 15 orang. Peserta mengerjakan soal sebanyak 100 soal berbentuk pilihan ganda atau multiple choice selama 90 Menit. Rahmat menambahkan, setelah pengumuman hasil seleksi tertulis tanggal 29 Oktober 2017, peserta yang lulus akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 30 Oktober s/d 1 November 2017.

Materi seleksi tertulis meliputi pengetahuan tentang Pemilihan yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan Pasangan Calon Perseorangan, teknis pemungutan suara, perhitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara serta pengetahuan kewilayahan dan Hak Azasi Manusia. 

Untuk mewujudkan seleksi yang bersih, soal ujian dibuat langsung oleh Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) dan setelah selesai ujian, soal-soal ujian langsung dimusnahkan dihadapan Panwaslih, Perwakilan Polsek Padang Bolak, dan peserta seleksi tertulis.